Semua serba sedikit

Pernah ngalamin “semua serba sedikit”?

nilai ga naik2

prestasi nihil

usaha ga untung2 malah buntung?

 

pernah kepikir? kenapa gitu ya? apa yang salah dengan gue? apa yang harusnya gue lakuin ternyata gak gue lakuin?

Terus pasti kita mulai introspeksi, cari info dan tips sana sini, nanya sini sono, “eh apa sih rahasia sukses?” atau ke gramed, langsung cari buku prinsip kekayaan, prinsip kesuksesan, marketing yang sukses dll

Tapi pernahkah kita mikir

“eh jangan2 semuayang gue kerjain ini, Tuhan ga suka ya?”

“eh jangan2 temen2 gue sekarang ini sebenernya Tuhan ga suka?”

“eh jangan2 keputusan gue memulai bisnis ini sebenernya gak nanya/ doa dulu, tapi karena keliatannya prospek, langsung gw ambil aja ya?”

 

Terus gimana dong? masa idup gue gini2 aja? masa idup gw melarat terus, pas2an terus. Mau dong idup enak, idup sejahtera…

Caranya gimana? tertarik buat tau lebih jauh? pengen sukses yang “aman”, sukses yang bukan dengan kekuatan kita sendiri tapi dengan anugrah?

30:1 Celakalah j  anak-anak k  pemberontak, demikianlah firman TUHAN, yang melaksanakan suatu rancangan yang bukan dari pada-Ku 1 , yang memasuki suatu persekutuan, l  yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga dosa mereka bertambah-tambah, 30:2 yang berangkat ke Mesir m  dengan tidak meminta keputusan-Ku, n untuk berlindung o  pada Firaun dan untuk berteduh p  di bawah naungan Mesir.

30:12 Sebab itu beginilah firman Yang Mahakudus, t  Allah Israel: “Oleh karena kamu menolak firman u  ini, dan mempercayakan diri kepada orang-orang pemeras v  dan yang berlaku serong dan bersandar kepadanya, 30:13 maka sebab itu bagimu dosa ini akan seperti pecahan tembok yang mau jatuh, tersembul ke luar pada tembok w  yang tinggi, yang kehancurannya x  datang dengan tiba-tiba, y  dalam sekejap mata, 30:14seperti kehancuran tempayan z  tukang periuk yang diremukkan dengan tidak kenal sayang, sehingga di antara remukannya tiada terdapat satu kepingpun yang dapat dipakai untuk mengambil api dari dalam tungku atau mencedok air dari dalam bak.”

Panjang ya? intinya apa? intinya, Tuhan bilang celakalah kalau kamu melaksanakan suatu rancangan yang bukan dari pada-Ku 1 , yang memasuki suatu persekutuan, l  yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga dosa mereka bertambah-tambah

pasti pernah dong ngerasa sebenernya apa yang kamu lakuin ga bener, tapi karena “gak enak sama temen”, atau “kepalang tanggung”, atau “nanti gue dijauhin dan ga dipromosiin di kantor” –> jadinya kita excuse, jadinya kita bikin alesan, ya gapapalah

misal: nyontek –> tau ga bener, tapiiiii ah semua juga nyontek, dlsb

so langkah pertama: IDENTIFIKASI MASALAH KAMU APA, salahnya dimana? mungkin kerja asal ambil, gak doain dulu?

next setelah tahu masalahnya papa makaaaaa….

30:15 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, a  Yang Mahakudus, b  Allah Israel: “Dengan bertobat dan tinggal diamc  kamu akan diselamatkan 4 , dalam tinggal tenang dan percaya d  terletak kekuatanmu.” Tetapi kamu enggan, e 30:16 kamu berkata: “Bukan, kami mau naik kuda f  dan lari g  cepat,” maka kamu akan lari dan lenyap. Katamu pula: “Kami mau mengendarai kuda tangkas,” maka para pengejarmu akan lebih tangkas lagi. 30:17 Seribu orang akan lari melihat ancaman satu orang, terhadap ancaman lima h  orang kamu akan lari, i  sampai kamu ditinggalkan j seperti tonggak isyarat di atas puncak gunung dan seperti panji-panji k  di atas bukit.

intinya apa? BERTOBAT, dalam tinggal tenang dan percaya disitulah terletak kekuatanmu. Jangan mangkir saat diingetin sama Roh Kudus, jangan excuse kalo Tuhan ingetin kamu salahnya dimana, jangan berusaha cari alesan.

Kamu mau sukses dengan cara Tuhan atau dengan caramu sendiri? Jawab masing2 ya

Ngaku sama Tuhan: “Tuhan aku salah, dulu aku macarin orang ini karena aku suka aja, tapi aku ga peduli sama suaraMu… sekarang udah gini, gimana dong Tuhan, tolongin aku keluar dari masalah ini”

dan ketika Tuhan ingatkan, mari nurut, mari ikut, mari “mau dituntun keluar”

ketiga, setelah bertobat, mari tinggal tenang dan percaya, terus denger suara Tuhan

Mengapa harus begitu? karena

Janji keselamatan bagi Sion

30:18 Sebab itu TUHAN menanti-nantikan l  saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya 5  kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi m  kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; n  berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia! o 

Tuhan tuh ga sabar mau memberkati kita, Tuhan ga sabar mau buat breakthrough dalam hidup kita, tapi kitanya mau ikut caraNya gak?

30:19 Sungguh, hai bangsa di Sion yang diam di Yerusalem, engkau tidak akan terus menangis. p  Tentulah Tuhan akan mengasihani engkau, apabila engkau berseru-seru; q  pada saat Ia mendengar teriakmu, Ia akan menjawab. r  30:20 Dan walaupun Tuhan memberi kamu roti s  dan air serba sedikit, namun Pengajarmu t  tidak akan menyembunyikan diri u  lagi, tetapi matamu akan terus melihat Dia, 30:21 dan telingamu akan mendengar perkataan v  ini dari belakangmu: “Inilah jalan, w  berjalanlah mengikutinya,” entah kamu menganan atau mengiri.

Ketika kita mendapat roti dan air serba sedikit, percaya gak bahwa itu adalah Tuhan mulai jawab doamu? why? karena ketika roti dan air serba sedikit, Tuhan bilang bahwa Pengajarmu akan menuntun kamu ke kanan atau ke kiri, tidak akan menyembunyikan diri lagi.

apa konkritnya? ketika kamu serba kepepet, terus pepet Tuhan, mendekat ke Tuhan, buat segala keputusan dengan tanya Tuhan dulu.

Emang bisa denger oom? Bisa! kita nih dombaNya kan? Tuhan bilang apa tentang domba2Nya? Domba2Ku mendengarkan suaraKu dan mereka mengikuti AKU

so, jangan mau ditipu iblis yang bilang: ah kamu kan uda najis, mana bisa denger suara Tuhan, mana mau Tuhan ngomong sama kamu –> jangan percaya, iblis tuh bapa segala dusta, sumbernya tipu2, ambil keputusan untuk percaya firmanNya lebih daripada perasaanmu sendiri. OKE?

Jadi, apa yang harus kamu lakukan ketika kamu sudah ngaku dosa, sudah bertobat, tapi kok tetep serba sedikit? jawabannya tetap tinggal tenang dan percaya, nungguin apa?

30:22 Engkau akan menganggap najis patung-patungmu x  yang disalut dengan perak atau yang dilapis dengan emas; y  engkau akan membuangnya seperti kain cemar z  sambil berkata kepadanya: “Keluar! a ” –> buang juga semua yang kamu tau Tuhan ga suka dalam hidupmu, say byeeeee

30:23 Lalu TUHAN akan memberi hujan b  bagi benih yang baru kamu taburkan di ladangmu, dan dari hasil tanah itu kamu akan makan roti yang lezat c  dan berlimpah-limpah. d  Pada waktu itu e  ternakmu akan makan rumput di padang f  rumput yang luas; 30:24 sapi-sapi g  dan keledai-keledai yang mengerjakan tanah akan memakan makanan campuran h  yang sedap, yang sudah ditampi i  dan diayak. 30:25 Dari setiap gunung yang tinggi dan dari setiap bukit yang menjulang akan memancar j  sungai-sungai pada hari pembunuhan k  yang besar 6 , apabila menara-menara l  runtuh. 30:26 Maka terang bulan purnama akan seperti terang matahari m  terik dan terang matahari terik akan tujuh kali ganda, yaitu seperti terangnya tujuh hari, pada waktu TUHAN membalut luka umat-Nya dan menyembuhkan n  bekas pukulan.

Kalo paragraf yang ini gausah diterjemahin lagi ya, jelas bahwa TUHAN ingin memberi kita hidup berkelimpahan, Tuhan ingin kita ngalamin breakthrough, Tuhan ingin kita ngalamin namaNYA sebagai MASTER OF BREAKTHROUGH!

Soon, and real soon, In repentance and rest is your salvation, in quietness and trust is your strength

AMEN

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s